SMPIT Abu Bakar, SMPIT pertama di Yogyakarta

Di Indonesia, biasanya sekolah-sekolah adalah Sekolah Negeri. Tetapi tak sedikit juga Sekolah yang bermottokan Islam. Salah satunya ialah SMPIT Abu Bakar Yogyakarta  yang juga menduduki sebagai Sekolah Islam pertama di Yogyakarta. Sejak tahun 2000, Sekolah ini telah berhasil menjadikan anak didiknya berjiwa islami dan qurani. Di bidang akademik, SMPIT Abu Bakar juga telah berhasil meraih berbagai prestasi jika dibandingkan dengan sekolahnya yang bisa dibilang baru berdiri ini yang diasah dengan Ekstra Kulikuler.
Tidak sedikit Ekstra Kulikuler di SMPIT Abu Bakar. Ada Futsal, Badminton, Tahfidz Quran, Paskibra, ABA (Abu Bakar Adventure), PASGASUS (Pasuka Penggalang Khusus), English Club, BSMR (), Elektronika, sdan lain lain. Ekstra ini berguna untuk mengasah kemampuan siswa yang ahli dalam bidangnya sendiri-sendiri.
Peraturan sekolah di SMPIT Abu Bakar semuanya di tulis di dalam PANTES (Panduan tentang Sekolah). Salah satunya adalah peraturan seragam. Pada hari Senin memakai putih-putih, dihari Selasa dan Kamis memakai putih-biru, dihari Rabu memakai seragam pramuka, dihari Jum’at memakai baju batik JSIT (jaringan Sekolah Islam Terpadu) dan dihari Sabtu memakai seragam Pramuka karena hari khusus Pramuka.
Di SMPIT Abu Bakar, di terapkan menjadi dua program, Program Fullday Scholl dan Program Boarding school. Jika memilih Program Fullday School, maka sekolah hanya sampai jam ashar. Tetapi jika mengikuti Ekstra Kulikuler, maka sekolah selesai pada pukul 17.00 WIB. Jika memilih Program Boarding School, maka sekolah akan berlanjut sampai malam dan akan tidur di asrama.
Program Fullday School, seprti yang saya katakana tadi, program ini adalah program yang berangkat pagi-pagi dari rumah dan diperbolehkan pulang ba’da sholat ashar. Dan jika mengikuti Ekstra atau bimbel, maka pulangny termundur menjadi pukul 17.00 WIB. Baru setelah itu diperbolehkan pulang menuju rumah masing-masing.
Sementara Program Boarding School adalah program kepesantrenan. Maksudnya siswa berangkat pagi dari asrama dan setelah pelajaran serta ekstra ataui bimbel selesai, siswa boleh kembali ke asramanya. Di malamnya pun juga ada kegiatan-kegiatan kepesantrenan. Seperti, Muroja’ah bersama ba’da Maghrib, KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) malam hari ba’da Isya’, serta Bimbel Malem khusus kelas 9 menjelang UN. Lalu setelah itu dialnjutkan Belajar Mandiri maupun Kelompok, dan akhirnya tidur di kamar masing masing.

0 comments: